Sabtu, 14 Juli 2018

I LOVE UNMUH


                                                                PENGALAMAN KULIAH 
Assalamualaikum Wr.Wb
Entah aku mau nulis apa tentang ini karena jujur aku paling gak suka kalo disuruh ngarang, yang jelas tulisan ini harus selesai karena ini adalah tugas dari Dosen cantikku Bu Dania.
            Aku Novia Nurlailatu Qomar adalah mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Jember aku  pengen ngomongin tentang betapa beratnya jadi mahasiswa salah jurusan. Loh? Salah jurusan? Enggak, ini gak lagi ngomongin aku berangkat kuliah dan salah naik kendaraan. aku lagi ngomongin kalo jurusan yang aku ambil pas kuliah ini gak searah sama jaman aku sekolah di SMA dulu. Aku dulu sekolah di SMA, bukan terkenal karena prestasi, tapi terkenal karena muridnya yang selalu bikin masalah (tapi gak bandel-bandel amat sih) dan gedungnya yang kurang lahan, terus sekarang bentuknya jadi ke atas kayak apartemen gitu. Udah, skip ngomongin sekolah aku. Aku dulu ngambil jurusan IPA waktu di SMA, dan sekarang kuliah di jurusan Ekonomi Akuntansi. Kebayang kan gimana puyengnya dari IPA ke Akuntansi. Dan ngambil jurusan ini adalah bukan kemauanku tapi kemauan orang tuanya yang katanya biar anaknya kerja di kantoran dan menyandang gelar S.E gitu.
Jadi gini, aku lulus SMA tahun 2015, dan pas lulus itu aku bingung mau kuliah dimana, ngambil jurusan apa, dan mau nge kost siapa karena jarak rumah sama kampus jauh. Dengan terpaksa aku harus vakum di dalam kamar memikirkan hal itu setelah lulus dan sesekali kontak dengan kakak sepupu yang juga bingung mau kuliah dimana. Dan setelah akau duduk di ruang tengah, bapak  nyamperin aku dengan kumis tebal dan tampang sangar, udah kayak penjahat di sinetron TV tahun 90-an gitu. Dia bilang, “Nduk, mau lanjut ke mana? Bapak masih sanggup kalo biayain adik kuliah, lagian abangnya juga bisa kuliah sambil bekerja. Tapi kuliahnya harus serius ya, jangan main-main”. Setelah itu aku diam, aku gak terlalu nanggepin apa yang diomongin bapak. Dan aku masih bingung gak jawab pertanyaan bapak tadi, hari-hari berikutnya aku  juga masih bingung.
Selang beberapa minggu, aku disuruh bapak buat daftar ke salah Politeknik di Jember bareng sama kakak sepupu, tapi aku gak mau . Entah apa yang ada dipikiran Ibu, aku lulusan IPA, disuruh masuk di Fakultas Ekonomi Akuntansi. Gak masalah sih kalo salah jurusan tapi, Tapi yang jadi masalah, ini Universitas  nerima entah berapa reibu mahasiswa baru di seluruh Indonesia, dan yang daftar di Jember udah sampai ribuan orang, itu baru Jember, belum daerah lain. Sebelum test, aku udah tau endingnya, dan aku gak nyesel pas ditolak mentah-mentah sama pihak panitia. Setelah aku ditolak sama Universitas Negeri itu, aku mulai mendaftar  masuk ke Universitas Muhammadiyah Jember yang lumayan jadi favorit anak-anak plus biayanya yang mahal.
Setelah mendaftar entah tanggal berapa itu dan pada tanggal (lupa juga kapan) akan diadakan tes untuk menjadi mahasiswi ekonomi di Universitas Muhammadiyah Jember. Akhirnya aku diterima kampus itu, mungkin aku sudah ditakdirkan kuliah di kampus ini kali ya. Aku  diterima di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, gak ada satupun materi kuliah yang aku ngarti, aku jadi kayak orang Jawa yang disuruh kerja di Zimbabwe tanpa diajarin bahasa Zimbabwe. Setiap hari aku ngampus, dan masih aja aku gak tau apa yang diomongin dosen karena emang aku tidak pernah mendapatkan materi seperti itu.
Sampai Ketika UTS  dan UAS satu tiba. aku bingung, aku gak tau apa-apa  sama Akuntansi, kalo mata kuliah yang lain alhamdulilah masih faham dan ngerti. Dengan usaha keras dan minta dibelajarin sama tema-teman yang SMK nya memang berasal dari anak Akuntansi,Allhamdulilah aku sedikit mulai bisa Akuntansi.Setelah 1 minggu niai UAS sudah keluar. Sumpah gemeteran banget mau liat nilainya, takut jelek semua IP nya, tapi alhamdulialh nilainya cukup memuaskan. Semester 2 ini aku mau meningkatkan  nilai IPK ku, aku lebih sering mengerjakan latihan-latihan Akuntansi dan berteman sama anak-anak yang lebih pahan akuntansi,  semoga rencana aku ini menghasilkan kesuksesan.
Dan sekarang aku sudah berada disemester 6 bergelut dengan tugas dan jadwal kuliah yang bikin stres. Tidur kadang cuma 2 jam paginya kuliah sumpah kadang mata gak bisa melek pas kuliah. Tapi semua ini aku jalani dengan iklas untuk aku buktikan kepada orang tuaku bahwa aku bisa dan mereka bangga mempunyai anak aku. Bapak Ibu, Insya Allah 1 tahun lagi anakmu bakal jadi S.E dan bisa membanggakan kalian. Panjang umur ya temani aku dan abang sampek sukses. Makasih atas dukungan kalian selama ini, yang selalu siap mendengar keluh kesahku ketika aku mulai bosen dengan tugas, pokoknya makasih makasih banget buat segalanya. Aku Mencintai Kalian.


Semua orang tentu mempunyai harapan terbaik untuk menjadi lebih baik kedepannya, tidak ada orang yang memiliki harapan yang jelek untuk dirinya dimasa yang akan datang.
Aku mempunyai harapan yang sangat besar terhadap kampusku yang sekarang. Semoga cepat menjadi universitas yang berkualitas, dengan mencetak lulusan-lulusan yang dapat bersaing dengan dunia luar. Lebih berkembang lagi, Lebih luas lagi lingkungan kampusnya, juga jurusan ku "Ekonomi Akuntansi" semoga lebih pesat lagi peminat mahasiswanya dan menjadi jurusan favorit. Semoga fasilitas-fasilitas yang belum lengkap segera dilengkapi. Ruang kelas diperbanyak lagi karena dengan jumlah mahasiswa yang semakin tahun semakin meningkat tidak mungkin menggunakan cuma beberapa kelas saja.


#ILoveUNMUHJEMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I LOVE UNMUH

                                                                PENGALAMAN KULIAH  Assalamualaikum Wr.Wb Entah aku mau nulis apa tenta...