ARTIKEL
“PELAPORAN BAPEPAM-LK”
Dosen Pengampu :
Dania Puspita, S.ST
Disusun Oleh :
Novia Nurlailatul Qomar
NIM
(1510421019)
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
2018
BAB 14: PELAPORAN BAPEPAM-LK
1.1
Sejarah
Peraturan Surat berharga
Kebutuhan
akan aturan mengenai penertiban surat berharga kepada masyarakat telah
dilakukan sejak lama. Pada abad ke 19, pemerintah Belanda yang menjajah
Indonesia, membangun industri agrobisnis untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.Pada
periode 1977-1987 pasar modal di Indonesia berkembang sangat lambat. Untuk
mendorong perkembangannya, pemerintah menerbitkan berbagai jenis deregulasi di
bidang ekonomi yang dikenal paket desember 1987, paket oktober 1988, dan paket
desember 1988. Menteri keuangan (pada saat iyu dijabat oleh JB Sumarlin)
mengeluarkan keputusan Menteri Keuangan No.1548/KMK.013/1990 tentang pasar
modal. Usaha tersebut nerdampak pada berkembangnya pasar modal, indeks harga
saham mencapai skor tinggi yaitu 681.
Selanjutnya Badan Pelaksana Pasar Modal tersebut berganti menjadi Badan
Pengawas Pasar Modal. Sebagai pengawas pasar modal, Bapepam berfokus pada
fungsi pengawasan terhadap seluruh kegiatan pasar modal dengan tujuan untuk
mencapai kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, efisien, serta melindungi
kepentingan pemodal dan masyarakat.
1.2
Badan Pengawas Pasar Modal Dan
Lembaga Keuangan (Bapepam-Lk)
Bapepam-LK
berfungsi untuk mengatur dan mengawasi aktivitas pada pasar modal, termasuk
mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan serta membuat standarisasi
teknis bagi lembaga keuangan dalam rangka melaksanakan aturan dan
kebijakan yang telah ditetapkan.
Bapepam-LK memiliki tanggung jawab secara hukum untuk mengatur perdagangan
surat berharga dan menetapkan pengungkapan yang harus dilakukan oleh perusahaan
terbuka. Peranan Bapepam-LK untuk menegaskan pengungkapan penuh dan adil
tidaklah menjamin tingkat investasi suatu sekuritas. Bursa saham masih
beroperasi dengan prinsip caveat emptor
(biarkan pembeli waspada). Bapepam-LK secara konsisten menentukan bahwa
investor harus memperoleh informasi yang memadai untuk dapat mengambil
keputusan berdasarkan penilaian resiko dan imbal hasil menurut penilaian mereka
sendiri
Peranan
Bapepam-LK saat ini sangat kompleks. Jumlah saham baru dan obligasi yang
ditawarkan senilai Rp.78 triliun per tahun. Bapepam-LK juga harus mengatur
lebih dari 5.000 broker dan drealer surat berhargaserta harus mengawasi volume
perdagangan saham senilai Rp. 4 triliun per hari untuk saham dan Rp 5triliun
per hari untuk obligasi.
1.3
Struktur Organisasi Badan
Struktur
organisasi
dari
bapepam-lk yang
menggambarkan posisi 12 biro dan
satu
sekretariat
yaitu:
1. Biro PenilaianKeuangan Perusahaan SektorRiil
Fungsi
biro penialian keuangan perusahaan sektor riil adalah mengadministrasikan
kewajiban pengungkapan hukum pasar modal dan menelaah seluruh pernyataan
pendaftaran bagi perusahaan yang bergerak di sektor rill, seperti pabrikasi,
pertania, pertambangan dan hal-hal lain yang terkait dengan pengungkapan. Biro
ini sangat dikenal oleh akuntan karna seluruh pernyataan pendafataran
disampaikan melalui biro ini.
2. Biro PenilaianKeuangan Perusahaan SektorJasa
Fungsi biro penilaian keuangan
perusahaan sektor jasa adalah mengadinistrasikan kewajiban pengungkapan hukum
pasar modal dan menelaah seluruh pernyataan pendafataran bagi perusahaan yang
bergerak di sektor jasa seperti perusahaan properti, agen perjalanan, bank, dan
perusahaan keuangan.
3. Biro PemeriksaandanPenyidikan
Berhubungan
dengan tindakan penegakan peratuan oleh Bapepam-LK. Biro ini memiliki berbagai
opsi untuk melakukan penegakan peraturan dari yang bersifat imbauan sampai
dengan tindakan administrasi dan pengadilan.
4. Biro PengelolaanInvestasi
Biro
ini mengatur konsultan dan perusahaan investasi, termasuk menciptakan produk
investasi baru.
5. Biro TransaksidanLembagaEfek
Biro
ini mengatur perdagangan surat berharga nasional, broker, diler sekuritas, dan
mengawasi perdagangan surat berharga.
6. Biro StandarAkuntansidanKeterbukaan
Biro
ini membuat aturan dalam akuntansi, auditing, tata kelola perusahaan, dan pasar
modal syariah termasuk menerima pendaftaran para profesional dan institusi yang
mendukung pengembangan pasar modal.
7. Biro Perundang-undangandanBantuanHukum
Biro
ini menyusun aturan pasar modal, menetapkan sanksi, aturan litigasi, dan
mengatur para konsultan hukum.
8. Biro Kepatuhan Internal
Biro
ini bertugas untuk memastikan bahwa seluruh biro berfungsi sebagai mana aturan
yang berlaku dan aturan perbaikan yang telah ditetapkan.
9. Biro Perasuransian
Biro
ini mengatur perusahaan asuransi termasuk asuransi kesehatan untuk pegawai
negri dan program jaminan sosial.
10. Biro Dana Pensiun
Biro
ini mengatru dana pensiun termasuk program pensiun untuk pegawai negeri dan
lembaga pendukung lainnya.
11. Biro PembiayaandanPenjaminan
Biro
ini mengatur perusahaan pembiayaan dan penjaminan.
12. Biro RisetdanTeknologiInformasi
Biro
ini membuat penelitian dan penggunaan teknologi pada pasar modal dan lembaga
keuangan lainnya.
DASAR HUKUM PEMBENTUKAN BAPEPAM-LK
Sesuai
dengan UU Pasar Modal Tahun
1995, Bapepam-LK bertanggung jawab untuk mengadministrasikan
aturan-aturan yang
diperlukan dalam mengatur perusahaan mupun individu yang terlibat
dalam pasar modal.
STRUKTUR REGULASI
Undang-undang
pasar Modal Tahun 1995
memberikan kewenangan yang sangat
luas
kepada
Bapepam-LK
untuk
menetapkan
standa
rakuntansi
dan penyajian lapporan keuangan oleh perusahaan terbuka. Bapepam –LK secara
umum
menyerahkan
pada
profesi
akuntansi
untuk
menyusun
standar
Akuntansi
melalui
dukungan
pada dewan penyusun standar yaitu Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK-IAI). Kerjasama
antara
Bapepam-LK dan DSAK-IAI
telah berlangsung dengan baik. Bapepam-LK juga
telah
melanjutkan
tanggungjawabnya
untuk
menerbitkan
peraturan
mengenai
hal-hal yang diyakini
perlu
diperhatikan.
1.4
PenerbitanSuratBerharga : Proses Registrasi
- PERNYATAAN REGISTRASI
Pernyataan
registrasi
harus
ditanda
tangani
oleh
direktur
dan
dewan
komisaris
perusahaan.
Perusahaan kemudian
menyerahkan
pernyataan
registrasi
kepada
Bapepam-LK yang kemudian
ditelaah
oleh
Biro Penilaian
Keuangan.
b. TELAAH BAPEPAM-LK DAN PENAWARAN PUBLIK
Perusahaan biasanya
menyiapkan
iklan
untuk
prospektus yang
lengkap sampai dengan melakukan pertemuan bisnis untuk menginformasikan investor tentang
penawaran yang akan
datang.
c. TANGGUNG JAWAB HUKUM AKUNTAN DALAM PROSES REGISTRASI
Akuntan
memainkan
peran
penting
dalam
persiapan
penyusunan
pernyataan
registrasi. Perusahaan
memiliki akuntan internal yang bertugas
untuk
menyusun
pengungkapan
laporan
keuangan yang kemudian
diaudit
oleh
akuntan
eksternal/independen
perusahaan.
1.5
Persyaratan
Pelaporan Secara Periodik
UU
Pasar Modal 1995 mengatur perdagangan surat berharga dan membebankan kewajiban
pelaporan terhadap perusahaan yang memiliki saham diperdagangkan di salah satu
bursa efek. Perusahaan yang memiliki modal disetor lebih dari 3 milyar dan
surat berharganya dimiliki oleh lebih dari 300 orang akan dianggap sebagai
perusahaan publik atau terbuka. Apabila sebuah perusahaan dinyatakan sebagai
perusahaan penerbit/terbuka, maka ia harus menyampaikan laporan secara
periodik, seperti laporan tahunan dan laporan keuangan periodik termasuk
laporan yang diminta Bapepam-LK.
Peraturan
X.K.6 mewajibkan perusahaan penerbit dan terbuka untuk menyampaikan laporan
tahunan secara reguler pada akhir bulan keempat sesudah tahun fiskal perusahaan
berakhir. Kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan dikenakan kepada seluruh
perusahaan penerbit dan terbuka, termasuk perusahaan kecil dan menengah.
Terkait
dengan aturan BAPEPAM-LK No.X.K.2, perusahaan penerbit diminta untuk memasukkan
laporan keuangan tahunan dan tengah tahun ke Bapepam-LK sekaligus menyediakan
laporan tersebut kepada para pemegang saham.
Laporan
keungan tengah tahun harus disampaikan kepada Bapepam-LK tidak lewat dari hari
terakhir pada bulan pertama setelah tanggal laporan tengah tahun jika laporan
tidak diaudit, tidak lebih dari hari terakhir bulan kedua setelah tanggal
laporan tengah tahun jika laporan tersebut di-review oleh auditor, tidak lebih
dari hari terakhir pada bulan ketiga jika laporan tersebut diaudit.
Perusahaan
penerbit juga diwajibkan untuk melaporkan munculnya hal-hal penting yang tidak
ditentukan waktunya atau dikenal sebagai laporan insidental. Akuntan pun harus
familiar dengan adanya kewajiban direktur maupun dewan komisaris perusahaan
untuk memberi laporan kepada Bapepam-LK sehubungan dengan jumlah kepemilikan
saham dan perubahan kepemilikannya dan laporan harus disampaikan tidak lebih
dari 10 hari sesudah tanggal transaksi.
1.6
Adopsi Sarbanes-Oxley Act 2002 PadaPasar Modal Indonesia
Penerbitan
sarbanes-oxley (SOX) pada
tahun
Juli 2002 Telah
membawa
pengaruh yang signifikan
terhadap
profesi
akuntan
diseluruh dunia. Di
Indonesia, beberapa
provinsi SOX telah di
adopsi, bahkan beberapa telah di adopsi
jauh
sebelum
diterbitkannya SOX. Beberapa bagian dari SOX dan bagaimana mereka diadopsi menurut peraturan perundang di Indonesia :
- BadanPengawaskantorakuntanpublik (public company accounting oversight BOARD-PCAOB).Tidak ada badan serupa PCAOB (Amerika Serikat) di Indonesia. Bapepam-LK sebagai pengatur pasar modal, mewajibkan registrasi dari akuntan yang ingin terlibat dalam kegiatan pasar modal. Selain itu, Bapepam-LK memiliki kewenangan untuk menyetujui, menunda, dan menolak registrasi akuntan.
- Auditor Independen. Untuk meningkatkan tingkat independensi auditor, bapepam-LK menerbitkan aturan Nomor VIII.A.2 tentang independensi akuntan yang memberikan jasa audit di pasar modal. Akuntan ini berusaha meningkatkan independensi akuntan publik melalui beberapa aturan. Salah satunya adalah malarang auditor untuk memberikan jasa non audit kepada klien mereka. Jasa-jasa ini meliputi jasa tata buku, desain dan implementasi sistem informasi, jasa penilai atau jasa aktuarial, internal audit, konsultan manajemen, jasa sumber daya manusia, konsultasi perpajakan, konsultasi investasi dan keuangan, serta jasa-jasa lain yang bisa menyebabkan adanya benturan kepentingan
- Tanggungjawabperusahaan. Peraturan Bapepam -LK Nomor IX.1.5 tentang petunjuk pembentukan dan implementasi tugas dari komite audit telah mewajibkan perusahaan penerbit/perusahaan terbuka untuk memiliki komite audit. Komite audit bertanggung jawab untuk memberikan saran atau pertimbangan kepada dewan komisaris mengenai laporan atau hal-hal lain yang diajukan oleh dewan direksi, mengidentifikasi isu-isu yang membutuhkan penanganan, dan penyelesaian tugas yang terkait dengan tanggung jawab dewan komisaris, seperti : memeriksa informasi keuangan perusahaan yang akan dipublikasikan pada masyarakat, menelaah hasil audit yang dilakukan oleh auditor internal, dan menelaah ketaatan perusahaan pada hukum dan perundang-undangan di pasar modal
- Peningkatanpengungkapankeuangan. Peraturan Bapepam-LK Nomor IX.E.I tahun 2000 menyatakan bahwa transaksi yang memiliki benturan kepentingan adalah transaksi yang memiliki perbedaan titik pandang secara ekonomis antara perusahaan dan direksi, komisaris, pemilik saham mayoritas, atau pihak-pihak yang memiliki hubungan istimewa. Transaksi yang memiliki benturan kepetingan harus mendapat persetujuan dari pemegang saham independen.
1.7
Persyaratan Pengungkapan
Bepepam
–LK melalui situsnya selalu merilis pengumuman (press relase) untuk meningkatan
para anggotanya mengenai komitmen dalam penyajian pengukapan penuh dan wajar
atas laporan keuangan yang dibutuhkan oleh investor. Bapepam –LK selalu
mendorong manajemen untuk menyediakan analisis terhadap hasil kegiatan .
Ada
2 Jenis Pengungkapan
1.
Diskusi dan analisis manajemen. Diskusi
dan anlisis manajemen mengenai kondisi keuangan perusahaan dan hasil kegiatan
operasional adalah informasi dasar yang diminta oleh Bapepam–LK . Bapepam-LK
berhak meminta manajemen untuk melakukan analisis dan diskusi tentang laporan
keuangan bagi investor,di mana hasil diskusi ini akan di paparkan dalam 4
halaman atau lebih pada laporan tahunan.
2.
Pengukapan Proforma.Pengungkapan
proforma merukapan penyajian informasi keuangan keuangan” jika seandainya
terjadi” dan biasanya disajikan dalam bentuk laporan keuangn ringkas. Laporan
proforma digunakan untuk menunjukan pengaruh dari transaksi utama yang terjadi
setelah akhir perode fiskal atau yang terjadi sepanjang tahun tetapi tidak
memcerminkan laporan keuangan histori perusahaan secara penuh. Bapempam-LK mengharuskan laporan
proforma disajikan jika perusahaan melakukan transaksi penggabungan usaha atau
atau pelepasan usaha, melakukan reorganisasi perusahaan, juga perubahan aset
yang tidak biasa terjadi atau restruktursasi utang piutang yang dimiliki perusahan.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa
1. Kebutuhan
akan aturan mengenai penertiban surat berharga kepada masyarakat telah
dilakukan sejak lama. Pada abad ke 19, pemerintah Belanda yang menjajah
Indonesia, membangun industri agrobisnis untuk meningkatkan ekonomi
Indonesia.Pada periode 1977-1987 pasar modal di Indonesia berkembang sangat
lambat. Untuk mendorong perkembangannya, pemerintah menerbitkan berbagai jenis
deregulasi di bidang ekonomi yang dikenal paket desember 1987, paket oktober
1988, dan paket desember 1988.
2. Bapepam-LK
berfungsi untuk mengatur dan mengawasi aktivitas pada pasar modal, termasuk
mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan serta membuat standarisasi
teknis bagi lembaga keuangan dalam rangka melaksanakan aturan dan
kebijakan yang telah ditetapkan.
Bapepam-LK memiliki tanggung jawab secara hukum untuk mengatur perdagangan
surat berharga dan menetapkan pengungkapan yang harus dilakukan oleh perusahaan
terbuka.
3. Struktur organisasi dari bapepam-lk yang menggambarkan
posisi 12 biro dan
satu
secretariat.
4. Sesuai dengan UU Pasar Modal Tahun 1995, Bapepam-LK
bertanggung jawab untuk mengadministrasikan
aturan-aturan yang
diperlukan dalam mengatur perusahaan mupun individu yang terlibat
dalam pasar modal.
5. UU
Pasar Modal 1995 mengatur perdagangan surat berharga dan membebankan kewajiban
pelaporan terhadap perusahaan yang memiliki saham diperdagangkan di salah satu
bursa efek. Perusahaan yang memiliki modal disetor lebih dari 3 milyar dan surat
berharganya dimiliki oleh lebih dari 300 orang akan dianggap sebagai perusahaan
publik atau terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar